Menghitung Jumlah Numerik Dalam Kolom Tabel MySQL

Jika kita ingin menjumlahkan seluruh isi pada salah satu kolom tabel dengan menggunakan Excel mungkin sangat mudah, tinggal blok kolomnya lalu jalankan perintah SUM. Tentu saja perintah SUM ini berbeda dengan dengan tabel MySQL. Perintah sql SUM harus ditulis dengan script php. Sekarang perhatikanlah bagaimana menerapkan perintah SUM tersebut pada tabel dibawah ini dan menemukan jumlah total sumbangan siswa.

id

nama

kelas

sumbangan

 1

Ujang

IIa

80000

 2

Semar

IIIb

45000

 3

Beucot

IIIa

20000

 4

Aziz Gugup

Ic

90000

 5

Kemon

IIIb

15000

 6

Alu

Ib

50000



Tulislah perintah SQL seperti dibawah ini
<?
$sql = "SELECT SUM(sumbangan) AS total_sumbangan FROM `tabel_siswa` ";
    $result = mysql_query($sql) or die (mysql_error());
    $t = mysql_fetch_array($result);
echo "<b>JUMLAH SUMBANGAN : Rp. " . number_format($t['total_sumbangan']) . " </b>";
?>
Jika dijalankan akan menghasilkan nilai Rp. 300.000

Semoga bermanfaat.

Komentar Anda
tanto

Kalo Script Shopping cart ada ga??

tanto

makasih banyak ya udah ngebantu saya...

ephiey

makasi infonya.... benar2 bermanfaat.... :)

nike tn

Nuzuli Fitriadi :: Menghitung Jumlah Numerik Dalam Kolom Tabel MySQL nike tn http://www.hotel-bilboquet.fr/home.html

louboutin pas cher

Nuzuli Fitriadi :: Menghitung Jumlah Numerik Dalam Kolom Tabel MySQL louboutin pas cher http://www.rgfitness.fr/map/images/

tinau

kalau mau menghitung persen skripnya bagaimana? misalnya ujang menyumbang sekian persen , semar menyumbang sekian persen. mohon bantuannya...

acun

cari kemana mana banyak yang berbelit belit.. ini baru sipp.. mantap.. to the point!! terimakasih admin.. :)

nday

itu untuk dijalankan harus pake skrip lagi ga?

kocu

wah terima kasih banyak, akhirnya selesai juga laporan untuk program saya.

cameh

pak nuzuli sigaaaaap

pramono

bapak saya boleh minta tolong?ni saya mau ngitung jumlah hari.. contoh jika input tgl mulai 1 januari 2012 tgl akhir 10 januari 2012 secara otomatis jumlah hari terhitung 10 hari diform lama hari?????,,mohon bantuan!^^

Ridwan

Trimakasih infonya, lg butuh ni ttg masalah ini, waturnuun pak Arli izi share ya,.. Salam sukses Dzifikh.com

lena

klu mengetahui jumlah data gmna caranya? kn di kolom ada 6 data

Karyono

Kalau untuk menghitung data yang berada dalam 1 baris tabel, caranya bagaimana?

andre

Mau tanya gan : 1. kalau Sum berdasarkan tanggal kodenya bagaimana ya? 2. kalau sudah punya halaman yang menampilkan data trus biar sumnya menghitung sesuai yang tampil di tampilan kodenya bagaimana ? thanks bantuannya...

Taufiq A.R.

Mohon bantuan dibuatkan script query jumlah total dari banyak tabel(multi table) pada tampilan rekapitulasi jumlah data, misal dalam tabel rekapitulasi untuk : baris 1, isinya tabel_A ada 30, baris 2, isinya tabel_B ada 100, baris 3, isinya tabel_C ada 75, baris 4, isinya tabel_D ada 85, baris 5, isinya tabel_E ada 0 Total .... [?] terima kasih.

Qibars

Trims mas,...

Oscar Shandewa

Ni dia yang dicari2 akhirnya ketemu... Thanks banget.... sangat membantu saya...

agus

thank you very much buat pencerahannya

meise

numpang tanya , kalo jumlah unit nya 2 . harga satuan nya Rp 2000,-. Gimana cara ngisi total dalam script tersebut karena saya gak tau bahasa scriptnya untuk tanda kali itu apa?

sangat sangat membantu... kalau mau menghitung total dalam kolom tersebut tapi berdasarkan baris yang muncul bagaimana ya? Terimakasih...

vitri

tx pak..

123

wow ...mantep

tetsu

cakep...!!! Tengkyu pisann...!!!

Cauza

Kalau misalnya saya punya beberapa kolom misalnya kolom sumbangan, infak, zakat. Bagaimana cara menghitung jumlah di tiap kolomnya ya...?

Nuzuli

Pak Hadi, itu hanya memainkan query nya saja. tambahkan where aja pak.

hadi

contoh di atas untuk menjumlah total semua ID yang ingin saya tanyakan jika saya hanya ingin menjumlahkan id 3 s/d 6 gmn ya?

yudith

Thanx... brader,,, semoga nambah ilmunya, amiin...

septian manusia biasa

hatur nuhun , makasih atas ilmunya semoga amal ibadah dan sgala kbaikannya diterima tuhan YMK heheheh

./laela

makasih gan sngat membantu TA ane ni

dede

hasil ny kok cuma 0 mas mohon pencerahan ny segera y mas.. thanks

Alief

Alhamdulillah..... Matur suwun sanget.... Tutorial anda sangat2 membantu saya.... Terima Kasih Semoga Anda diberi Barokah Oleh Allah SWT, Amiiin

ogoyogoy

thanks a lot :D, moga berkah

herman60an

Terimakasih atas penjelasannya, Pada contoh diatas, bila ada sumbangan lebih dari 1, misalnya: Ujang kls II-A, memberikan sumbangan1 Rp.80.000, lalu memberikan sumbangan lagi,sumbangan2=Rp.120.000, dst. Berapa rata-rata sumbangan Ujang????? Terima kasih, salam

Aris Juliyanto

TERIMAKASIH sangaaaaaatttt...telah membantu tugas saya............thx pisaaaaaaaannnnnnn

Nuzuli

Hehe.. Amiin..Terimakasih pak Arli.

Arli Wiradiputra

waw script ini keren aq mo ucapin makasih banyak ya atas informasi dan ilmunya, smoga yang nulisin ini tambah pinter n suksess selalu.... :)

Posting Komentar
Nama

E-Mail

Komentar


Baca Juga: